--= Sekedar Coretan =--
"Katempo Ayana, Kadenge Sorana jeung Karasa Mangfaatna"

Rabu, 12 November 2014

PENGEMBANGAN ORGANISASI

Penyempurnaan yang terencana dan menyeluruh baik dalam segi nilai, kaderisasi maupun struktur organisasi, menjadi suatu keniscayaan didalam organisasi. Penyempurnaan di tubuh organisasi itu kita namai dengan "Organization Development"

Pengembangan organisasi bukan hanya disebabkan karena organisasi saat ini kurang baik, namun lebih disebabkan karena tantangan yang semakin hari semakin kompleks. Kompleksitas tantangan tersebut hendaknya kita sikapi dengan arif dan bijak, yakni dengan cara "Al-muhafadzatu ala al-qadimi al-shalih wa al-akhdzu bi al-jadidi al-ashlah"

Apabila saat ini kita sering menyaksikan stagnasi organisasi, baik dari sisi kelembagaan maupun pengurus, maka yakinlah pasti disitu ada yang salah. Stagnasi tersebut disebabkan karena keengganan atau bahkan kebingungan dan ketidak-tahuan untuk mengikuti perubahan, karena dianggap sebagai disequilibrium yang pada akhirnya akan menyebabkan patalogi organisasi (organisasi yang sakit).

supaya terhindar dari hal diatas, kita hendaknya secara rutin dan sustinable melakukan strategi dan kerja-kerja organisasi, diantaranya evaluasi, adaptasi, kaderisasi dan inovasi.

Strategi pertama dengan dengan melakukan evaluasi. Evaluasi bertujuan melakukan analisa, pemetaan dan permasalahan, serta menarik pelajaran dari hasil, manfaat, dan dampak dari semua kebijakan dan kegiatan yang telah digariskan dan direncanakan, sejauh mana efektifitasnya dalam mencapai tujuan organisasi.

kedua, adaptasi. Adaptasi hendaknya selalu dilakukan untuk mengimbangi dan mengikuti perkembangan dari lingkungan yang selalu berubah, baik lingkungan fisik maupun lingkungan siosial, sehingga apabila adaptasi tisak selalu kita lakukan kita akan kalah bersaing dalam mendapatkan "resources"

Ketiga adalah Kaderisasi. Kaderisasi adalah proses pendididkan jangka panjang untuk pengoptimalan potensi-potensi kader dengan cara mentransfer dan menanamkan nilai-nilai tertentu, hingga nantinya akan melahirkan kader-kader yang tangguh. Kaderisasi menjadi ruh dari organisasi, apabila kaderisasinya jalan, maka organisasi akan jalan, dan apabila kaderisasi stagnan, yakin beberapa saat kedepan organisasi itu akan bubar.

Strategi yang terakhir adalah dengan melakukan inovasi. Kenapa kita harus berinovasi? jawabannya adalah karena beberapa hal, diantaranya; untuk memenangkan persaingan, melakukan pembaruan, memenuhi permintaan "pasar" dan untuk pengembangan organisasi. Cara berinovasi yang mudah cukup dengan tiga hal, yakni memulai dengan hal-hal yang kecil, lakukan secara terus menerus dan dengan meningkatkan kualitas SDM.

Faktor-Faktor yang Mengebabkan Pengembangan Organisasi

Banyak faktor yang memaksa kenapa organisasi kita harus melakukan perubahan, yakni faktor eksternal dan faktor internal.

Semua factor yang ada di luar organisasi dimana factor tersebut dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi disebut sebagai faktor eksternal. Beberapa faktor internal yang bisa kita identifikasi diantaranya adalah : 1. Kompetisi yang semakin tajam, 2. Perkembangan IPTEK dan 3. Perubahan Lingkungan baik Fisik maupun Sosial.

segala keseluruhan factor yang ada di dalam organisasi dimana factor tersebut dapat mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi disebut sebagai faktor internal. faktor-faktor internal yang kita miliki saat ini yang bisa menyebabkan organisasi kita berkembang adalah: 1) struktur; 2) sistem, aturan dan prosedur; 3) Proses dan saran dan 4) Perubahan dalam organisasi untuk mencocokkan dengan kebutuhan yang ada.

0 komentar: