--= Sekedar Coretan =--
"Katempo Ayana, Kadenge Sorana jeung Karasa Mangfaatna"

Sabtu, 21 November 2009

TIPS MENJADI MAHASISWA SEJATI

Dengan banyaknya tantangan seperti budaya konsumtif dan narkoba, free sex dan sejenisnya yang akan kita hadapi saat menjadi mahasiswa, setidaknya ada beberapa saran yang dapat kami berikan untuk direnungkan oleh kalian yang baru memasuki dunia mahasiswa.

Pertama
, cari waktu sejenak untuk merenungkan posisi anda saat ini sebagai mahasiswa. Mahasiswa, yah sebagai mahasiswa. Mungkin perlu anda membaca buku-buku sejarah atau mendownload di internet segal;a hal yangmenggambarkan bagaimana peranan mahasiswa dan kaum muda di dalam perjuangan dan kemajuan bangsa yang kita cintai ini. Renungkan juga, beberapa orang yangmendapat kesempatan mengenyamperguruan tinggi seperti anda di negeri ini. Lantas, apa yang anda temukan tentang mahasiswa? Mungkinkah mereka dahulu hanya hura-hura menghabiskan waktu mudanya dengan sia-sia?


Kedua, renungkan bahwa anda adalah tumpuan dan harapan orang tua. Jika anda sukses menjadi mahasiswa dengan prestasi yang baik, tentu keluarga akan bahagia. Bahkan anda adalah harapan bangsa Indonesia!!

Ketiga, usahakan setiap hari ada buku yang and abaca. Buku apapun yang anda senangi, baik itu buku yang menyangkut kuliah atau tidak. Tumbuhkan budaya membaca di dalam diri anda. Dengan membacalah manusia akan mendapatkan ilmu, karena dari proses itulah otak kita mendapat rangsangan sehingga informasi dan ilmu bar uterus kita serap. Keempat, carilah komunitas/teman mahasiswa yang benar-benar mendorong anda menjadi mahasiswa yang sejati; yakni mahasiswa yang mampu memberikan solusi bagi dirinya dan bagi orang lain pada masa yang akan datang. Jika anda ingin menjadi penulis misalkan, bangun atau cari komunitas yang memberikan ruang untuk mengembangkan bakat menulis anda. Usahakan di dalam komunitas itu anda tidak menjadi insane yang pasif melainkan menjadi insane creator yangmanjadi motor/leader di dalamnya.

Kelima
, anda harus menjadi “macan” di dalam dan diluar kelas. Menjadi “macan” di dalam kelas artinya, nilai anda juga harus baik dan ditopang kualitas intelektual anda juga dapat diuji. Sedangkan menjadi “macan” di luar kelas, yakni anda juga harus turut di dalam organisasi-organisasi ekstra kampus dan menjadi “leader” di dalamnya. Jika tidak, anda hanya menjadi mahasiswa yang “jago kandang” atau “kandang jago”.


Keenam, pikirkanlah, bahwa waktu itu tidak akan pernah bisa diulang. Jangan sampai ada penyesalan yang anda rasakan pada masa lampau, misalkan pada masa SLTA, SLTP, atau pada masa SD yangmenghambat anda untuk maju dan sukses terulang saat menjadi mahasiswa. Ingat, waktu terus berjalan. Karena itu, waktu yang anda miliki hanya sekali.

Karena itu, kami yakin teman-teman sekalian dapat menjadi mahasiswa yang bermanfaat bagi zaman anda saat ini,karena setiap zaman selalu menghasilkan anak zamannya sendiri. Memang, tentu tidak semua tips dapat kami ulas disini. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, mari kita diskusikan. Kami yakin, sekecil apapun usaha anda, pasti akan sampai. Yakin usaha sampai.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah bagus ka artikell sangat memotivasiđź–’đź–’