--= Sekedar Coretan =--
"Katempo Ayana, Kadenge Sorana jeung Karasa Mangfaatna"

Rabu, 28 Juni 2017

Organisasi itu tempat orang bekerja sama dan sama-sama Bekerja.

Aneh campur kaget, itulah barangkali ungkapan yang bisa disampaikan ketika ada seseorang yang memberikan statemen "organisasi ini cukup dijalankan oleh beberapa orang saja, tidak cukup banyak-banyak"

Ya... aneh. aneh karena ucapan itu keluar dari orang "organisatoris" yang mempunyai posisi dimana-mana sebagai pucuk pimpinan.  Entah... Apakah ucapan itu keluar dari hasil analisanya atau sebagai pembenaran saja karena malu yang bersangkutan tidak pernah aktif.

Komposisi dan struktur organisasi di tiap tingkatan itu berbeda beda, kebutuhannya disesuaikan situasi dan kondisi, jumlah personelnya pun sama, dan makin bawah tingkatan organisasi makin sedikit pula jumlah struktur dan personelnya.

Dengan alasan tertentu, organisasi ada yang menganut sistem akomodatif sehingga jumlahnya sangat gemuk, dan ada pula yang menerapkan efisiensi dengan merampingkan struktur dan jumlah orang yang mengisi struktur tersebut.

Seluruh struktur dan posisi, baik posisi atas maupun bawah, posisi harian atau bidang/departemen, koordinator maupun anggota, sama-sama memiliki tugas dan tanggung jawab, harus punya eksistensi karena toh jabatan apapun harus dipertanggung jawabkan. Apalagi jika menjadi seorang muslim, posisi dan jabatan itu adalah amanah dan apabila kita menyia-nyiakan amanah (khianat) kita termasuk kedalam golongan orang-orang munafik.

Belum lagi, setiap masuk organisasi, kita selalu mengisi dan menandatangani pakta integritas. Sebuah pernyataan dan janjil yang mau tidak mau harus ditepati. Dan apabila kita tidak melaksanakan janji tersebut, khianatlah kita.

Oleh karena itu, mari kita berusaha untuk bekerja sesuai dengan ketentuan dan aturan, karena posisi menimbulkan konsekuensi.

0 komentar: